• Kamis, 11 Agustus 2022

Ingin Tetap Bugar dan Sehat Saat Musim Hujan ? Yuk Coba Tips Berikut Ini

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:30 WIB
ilustrasi Hujan  (iStock)
ilustrasi Hujan (iStock)

InspiratioMedia.com - Musim hujan sudah masuk dan mulai di beberapa daerah di Indonesia. Di musim hujan apalagi disertai banjir bakteri yang menyebabkan penyakit mudah bersarang di tubuh kita loh. Hal itu membuat tubuh kita gampang sakit.

Salah satu penyakit yang bisa menyerang saat musim hujan dan banjir adalah demam berdarah dengue. Jika tidak ditangani dengan cepat penyakit ini bisa berakibat fatal. Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun seringkali karena segudang aktivitas, kita kerap abai terhadap masalah kesehatan.

Agar tidak menjadi korban cuaca dan tetap sehat saat musim hujan tiba, kita harus rajin menjaga kesehatan. Karena dengan tubuh yang sehat kita tetap bisa produktif. Berikut beberapa tips agar tetap sehat dan bugar saat musim hujan.

1. Menjaga pola makan dan konsumsi

Pola makan menjdai kunci utama bagi kondisi tubuh kita. Sebab makanan akan berpengaruh terhadap energi yang dihasilkan tubuh. Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, kita harus selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Dinataranya beras merah, gandum dan kentang. Makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks, yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu agar tubuh kita tetap bugar. Sementara untuk meningkatkan imun kita bisa mengonsumsi bawang putih dan jahe.

Kita juga harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Karena makanan ini kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti keju, tempe dan yoghurt. Hal itu dapat melindungi tubuh dari infeksi.

2. Tidur dan istirahat yang cukup

Selain pola makan, kita juga harus juga memerhatikan agar tubuh kita diberi porsi untuk tidur yang cukup. Sebab setelah beraktivitas, organ tubuh kita seperti mata, telinga dan sebagainya butuh istirahat. Daripada berkegiatan yang tidak bermanfaat setelah bekerja lebih baik tidur saja.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X