• Kamis, 7 Juli 2022

Gejala Norovirus, Penyebab Sakit Perut Yang Lagi Mereka di Inggris

- Selasa, 5 April 2022 | 10:04 WIB
Ilustrasi sakit perut.  (Pexels.com)
Ilustrasi sakit perut. (Pexels.com)

InspiratioMedia.com - Norovirus merupakan penyakit perut yang sangat menular karena menyebabkan muntah dan diare berkepanjangan. Namun begitu, Norovirus hanya berlangsung beberapa hari dengan membatasi diri dari lingkungan umum.

Menurut Lesley Larkin, perwakilan Badan Keamanan Inggris, menyebut pembersih tangan berbahan alkohol tidak cukup mematikan Norovirus.

"Gejalanya termasuk mual yang tiba-tiba, muntah proyektil dan diare, tetapi juga bisa termasuk suhu tinggi, sakit perut dan anggota badan yang sakit," ujar Larkin membeberkan gejala Norovirus, seperti dikutip dari Mirror.

"Tetap di rumah jika Anda mengalami gejala Norovirus dan tidak kembali bekerja atau mengirim anak ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejala hilang," katanya menjelaskan.

“Jika terkena penyakit ini, penting untuk minum air putih agar tidak dehidrasi dan jangan menjenguk sanak saudara yang sudah lanjut usia, terutama di panti jompo atau rumah sakit dalam keadaan tidak sehat," tambahnya.

"Mencuci tangan adalah kunci untuk membantu menghentikan penyebaran serangga ini, tetapi tidak seperti pembersih tangan alkohol Covid-19 tidak membunuh Norovirus, jadi sabun dan air hangat adalah yang terbaik," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengajak Anak Untuk Puasa Sejak Dini, Ini Tipsnya

Berikut beberapa gejala utama Norovirus yang harus diwaspadai:

1. Muntah
2. Diare berair
3. Merasa seluruh badan sakit
4. Lengan dan kaki sakit
5. Demam tinggi
6. Sakit kepala

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X