• Kamis, 7 Juli 2022

Cegah Kolesterol Saat Ramadan Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat

- Jumat, 8 April 2022 | 08:45 WIB
Mengonsumsi makanan sehat dapat menghindarkan dari kolesterol tinggi (Hallosultra/Dok.alodokter)
Mengonsumsi makanan sehat dapat menghindarkan dari kolesterol tinggi (Hallosultra/Dok.alodokter)

InspiratioMedia.com - Agar kondisi tetap prima selama berpuasa Ramadhan, jaga asupan makan sahur dan berbuka dengan gizi lengkap dan seimbang.

Jika tidak, dikhawatirkan akan mengundang banyak penyakit dan memicu tingginya kolesterol.

Simak 5 tips mencegah kolesterol tinggi selama berpuasa Ramadhan menurut dokter spesialis sebagaimana dikutip dari Healty Life:

1. Isi Piring dengan Sayur-sayuran

Berbuka puasa identik dengan makan gorengan tahu, bakwan atau tempe. Terutama bagi Anda yang rutin mengonsumsi lauk-pauk dengan proses digoreng, setidaknya ada lauk atau hidangan yang mengandung sayuran.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Vito Anggarino, SP. JP., mengungkapkan, cara bila sulit menghindari gorengan.

"Kalau sulit menghindari gorengan, kalau misalnya makan ayam, tahu goreng, cari sayur untuk menemani. Sepanjang ada sayur sebenarnya gorengan tidak menyerap kolesterol sebanyak kalau kita tidak makan tanpa sayur," kata dr. Vito.

2. Makan Kurma dan Minum Teh Hangat Saat Berbuka

Kurma merupakan salah satu buah-buahan yang rendah gula meski rasanya manis. Selain kurma, bisa juga dengan buah-buahan lain yang banyak kandungan air, seperti buah naga dan semangka.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X