Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Kata Ahli Sangat Penting Lho!

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:30 WIB
doa susah tidur menurut agama Islam beserta arab dan terjemahan (pixabay)
doa susah tidur menurut agama Islam beserta arab dan terjemahan (pixabay)

InspiratioMedia.com - Dari hasil penelitian, orang yang kurang waktu tidur ternyata dapat berisiko terkena berbagai penyakit kronis. Profesor neurologi di University of Washington, Lourdes DelRosso, PhD, menjelaskan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara waktu tidur yang pendek dengan kesehatan, yakni :

  • -Penurunan kognitif (semua aktivitas mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa, sehingga individu tersebut mendapatkan pengetahuan setelahnya)
  • Penyakit kardiovaskular
  • Penyakit kejiwaan.

Selain efek jangka panjang, DelRosso mengatakan ada dampak langsung saat seseorang membiasakan tidak cukup tidur, seperti kantuk di siang hari, kelelahan, dan kinerja yang buruk.

David Kuhlmann, MD, Direktur Medis, Obat Tidur di Pusat Kesehatan Daerah Bothwell di Sedalia, Missouri, mengatakan bahwa orang dewasa yang lebih tua/lansia harus lebih fokus menilai kualitas tidur mereka.

Baca Juga: Cara Menjaga Asupan Gizi Setelah Melalui Bulan Ramadan dan Lebaran

Misalnya, apakah kualitas tidurnya sama seperti dulu? Apakah mereka bisa tertidur dan tetap tertidur seperti sebelumnya?

“Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar bagi mereka bahwa mereka mungkin tidak tidur lebih banyak di malam hari seperti dulu. Namun, penelitian yang sekarang keluar menunjukkan bahwa itu mungkin lebih buruk bagi kesehatan seseorang daripada yang mereka kira,” katanya.

“Kurang tidur dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis dan kualitas tidur yang lebih baik dapat menyebabkan kontrol yang lebih baik dari masalah kesehatan tersebut,” kata David Kuhlmann, MD

Girardin Jean-Louis, PhD, direktur Center for Translational Sleep and Circadian Sciences (TSCS) dan profesor ilmu psikiatri dan perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller, menambahkan bahwa ini dapat membantu masyarakat luas jika kita bisa menaklukkan penyakit yang sering dikaitkan dengan penyakit pada lansia/usia tua.

Baca Juga: Ini Dia Waktu Yang Tepat Untuk Sikat Gigi Agar Mulut Sehat dan Terjaga

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Keuntungan Beli Emas Antam yang Perlu Diketahui

Senin, 26 Desember 2022 | 19:30 WIB

Jadwal Sholat 5 Waktu di Kota Bandung 6 Desember 2022

Senin, 5 Desember 2022 | 20:02 WIB

Jadwal Sholat 5 Waktu di Kota Bandung 4 Desember 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:27 WIB

Jadwal Sholat 5 Waktu di Kota Bandung 31 Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:05 WIB

Jadwal Sholat 5 Waktu di Kota Bandung 24 Oktober 2022

Senin, 24 Oktober 2022 | 06:02 WIB

Terpopuler

X