• Minggu, 27 November 2022

MUI : Lesti Dan Billar Tidak Melakukan Pembohongan Publik

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Banyak yang Menunggu Kabar Menarik Terkait Pasangan Leslar (Instagram @rizkybillar)
Banyak yang Menunggu Kabar Menarik Terkait Pasangan Leslar (Instagram @rizkybillar)

InspiratioMedia.com - Pernikahan siri ramai menjadi perbincangan publik setelah artis Lesti Kejora dan Rizki Billar mengumumkan telah menikah siri. Menikah siri adalah menikah secara sah dimata agama namun tidak di catat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Akibatnya Lesti Kejora dan Rizki Billar dicibir oleh nitizen bahkan ada pihak yang ingin melaporkan mereka ke ranah hukum. Hal ini dikarenakan mereka dianggap telah melakukan pembohongan publik dan ancamannya dipenjara 10 tahun.

Dilansir dari PikiranRakyat.com Majelis Ulama Indonesia memberikan penjelasan soal akad nikah yang dilakukan dua kali. MUI melalui Ketua Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh menegaskan tidak ada pelanggaran yang dilakukan baik konteks fikih maupun aturan secara undang-undang soal apa yang dilakukan oleh Lesti Kejora dan Rizki Billar.

Baca Juga: Tamara Bleszynski Mengalami Penipuan Milyaran Rupiah

“Begitu ada nikah siri kemudian nikah lagi di hadapan PPN itu bukan pembohongan publik, jadi tidak ada isu sama sekali dalam konteks fikihnya dan juga dalam konteks aturan undang-undang,” ucap Asrorun Niam. Sehingga, menurutnya, akad nikah kedua yang dilakukan oleh pasangan selebriti yang disiarkan langsung di beberapa stasiun televisi swasta adalah bentuk dari sebuah syiar.

“Tidak ada (pembohongan publik), itu justru menjadi bagian dari sebuah syiar,” ucapnya. Dijelaskan oleh Asrorun Niam Sholeh bahwa pernikahan itu salah satu sunnahnya adalah mensyiarkan. “Makanya ada anjuran walimah. Keuntungannya buat apa? Berbagi kebahagiaan kemudian juga mengabarkan bahwa saya sudah halal, saya sudah terikat hubungan suami istri,” ujarnya.

Baca Juga: Cara Bikin Kartu Keluarga Untuk Pasangan Menikah Siri

Asrorun Niam kembali menegaskan bahwa akad nikah dua kali yang dilakukan oleh Rizky Billar dan Lesti Kejora itu tidak bermasalah.

“Secara syar'i tidak ada masalah,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Erni Febrianti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X