• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ini Dia Fakta Gempa Yang Mengguncang Lebak Banten Pada 12 Maret 2022

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:55 WIB
Ilustrasi gempa, gempa bumi, bencana  (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi gempa, gempa bumi, bencana (Pixabay/Tumisu)

InspiratioMedia.com - Baru-baru ini Lebak, Banten, diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,3 pada Sabtu, 12 Maret 2022 siang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun melakukan pemutakhiran data kekuatan gempa yang mengguncang Pantai Selatan Lebak tersebut menjadi magnitudo 5,1.

Gempa yang terjadi pukul 12.31.07 WIB itu berpusat di laut pada jarak 28 kilometer arah selatan Cihara, Kabupaten Lebak dengan kedalaman 10 kilometer.

Dikutip dari akun media sosial Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, berikut fakta-fakta terkait gempa Lebak tersebut:

1. Terjadi pada hari Sabtu 12 Maret 2022 siang hari pukul 12.31.07 WIB.

2. Episenter terletak di laut pada jarak 28 kilometer arah Selatan Cihara, Lebak, Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

3. Gempa Selatan Lebak ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut, dan bukan sumber gempa megathrust.

4. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser mengiri (sinistral strike-slip).

5. Jika mencermati mekanisme sumber Gempa Lebak yang dipicu sesar geser mengiri (sinistral strike-slip), ada dugaan pembangkit gempa ini merupakan kemenerusan Sesar Cimandiri di laut dengan karakteristik mekanisme geser mengiri juga.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X