• Minggu, 27 November 2022

Menteri Ida : BSU 1 Juta Akan Segera dicairkan Sesuai Dengan Jadwal

- Jumat, 8 April 2022 | 10:15 WIB
Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah.

Inspiratiomedia.com - Pemerintah akan kembali memberikan bantuan subsidi upah (BSU) bagi para pekerja sebagai bentuk pelindungan bagi para pekerja/buruh, serta mengakselerasi pemulihan ekonomi.

Dalam keterangannya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan dampak ekonomi dari pandemi masih terasa sehingga pemerintah akan memberikan BSU berupa bantuan langsung tunai Rp1 juta bagi 8,8 juta pekerja yang bergaji di bawah Rp3,5 juta.

"Oleh karena itu, tujuan dari BSU ini selain melindungi dan mempertahankan kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi," kata Ida Fauziyah dikutip dari laman resmi Kemnaker hari ini Jumat, 8 April 2022.

Ida menyampaikan, basis data penerima BSU atau BLT Rp1 juta dari pemerintah ini masih menggunakan data pekerja/buruh peserta BPJS Kenagakerjaan.

Baca Juga: Elon Musk: Twitter Tidak Akan Ada Yang Berubah, Sama Seperti Dulu

"Pemerintah mengalokasikan anggaran BSU 2022 sebesar Rp8,8 triliun dengan alokasi bantuan per penerima sebesar Rp1 juta. Adapun rincian terhadap kriteria dan mekanisme BSU 2022 ini sedang digodok oleh Kementerian Ketenagakerjaan," jelasnya.

Saat ini, Kemnaker tengah mempersiapakan seluruh instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa program ini dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Ida menjelaskan, cepat dimaksudkan agar BSU dapat segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh. Tepat bermakna sesuai dengan sasaran penerima, serta sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

Baca Juga: Pengen Punya iPhone Tapi Gak Bisa Beli? Sewa Aja Disini

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X