Topik Hangat Minggu Ini: Etilen Glikol yang Diduga Penyebab Gagal Ginjal

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:50 WIB
BPOM Uji Sampel, Ini 5 Obat Sirup Tercemar Etilen Glikol (Ilustrasi/PR)
BPOM Uji Sampel, Ini 5 Obat Sirup Tercemar Etilen Glikol (Ilustrasi/PR)

InspiratioMedia.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah meminta 5 produk obat sirup yang diduga mengandung Etilen Glikol yang melebihi ambang batas aman untuk ditarik dari pasaran. Kandungan Etilen Glikol diduga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit gagal ginjal akut yang terjadi pada anak-anak di Indonesia.

Adapun, kelima produk obat sirup tersebut di antaranya adalah Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops.

Meski demikian, BPOM masih belum dapat menyimpulkan apakah penggunaan obat sirup tersebut ada kaitannya dengan kasus gagal ginjal atau tidak.

Berdasarkan keterangan Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Prof. apt. Muchtaridi, PhD menjelaskan bahwa etilen glikol dan juga dietilen glikol adalah senyawa pelarut organik yang memiliki rasa manis.

Menurut Muchtaridi, kedua senyawa tersebut seringkali disalahgunakan sebagai pelarut obat yang digunakan untuk mengganti propilen glikol atau polietiken glikol.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Cukup Tidur, Kata Ahli Sangat Penting Lho!

Lebih lanjut, Muchtaridi pun menjelaskan bagaimana etilen glikol dan dietilen glikol dapat diduga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pemicu gangguan ginjal pada anak.

Ia menerangkan bahwa kedua kandungan tersebut akan mengalami oksidasi oleh enzim sehingga menjadi glikol aldehid lalu menjadi asam glikol oksalat yang membentuk asam oksalat.

Diketahui, kondisi tersebutlah yang menjadi pemicu munculnya batu ginjal.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X