• Kamis, 11 Agustus 2022

Manfaat Kopi Untuk Otak, Apa Saja Manfaat dan Kebaikannya? Cek Disini

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:25 WIB
Penggiling kopi (piabay.com/eliasfalla )
Penggiling kopi (piabay.com/eliasfalla )

InspiratioMedia.com - Sudah dikenal kalau kopi merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein, antioksidan dan senyawa bioaktif yang tinggi. Kandung yang terdapat dalam kopi tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan otak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi memiliki risiko penyakit berbahaya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.

Dilansir dari laman Otten Coffee ada hal yang menarik dari minuman kopi adanya 4 senyawa yaitu, kafein, asam klorogenik, Cafestol dan kahweol.

Kafein yakni zat psikoakif yang dapat menstimulasi sistem saraf pusat. Kemudian asam klorogenik (CGA) adalah antioksidan polifenol yang berperan dalam metabolisme gula darah dan mengatur tekanan darah tinggi. Cafestol dan kahweol ialah minyak alami kopi yang baik untuk hati dan melindungi sel-sel tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Ini Dia Resep Muffin Sehat Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

Trigonelline merupakan senyawa alkaloid yang berperan dalam pengolahan asam nikotinat (vitamin B3), mencegah gigi berlubang dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Menurut Otten Coffee keempat kandungan senyawa tersebut dapat memberi dampak baik untuk kesehatan otak. Mulai menurunkan resiko penyakit saraf dan otak kemudian penyakit yang biasa turunkan fungsi otak disebut dengan Demensia dan Alzheimer.

Penyakit tersebut menyebabkan daya ingat dan kemampuan berpikir seseorang menjadi memburuk bahkan bisa merubah perilaku penderitanya dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Risiko kedua penyakit ini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kedua penyakit ini bisa diperlambat dengan meminum kopi.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X