• Kamis, 7 Juli 2022

Cara Menjaga Asupan Gizi Setelah Melalui Bulan Ramadan dan Lebaran

- Selasa, 3 Mei 2022 | 08:00 WIB
 Manfat Ikan Salmon baik untuk kesehatan jantung karena kandungan gizi omega 3 yang terkandung dala ikan itu. (Image:Freepik/Racool_studio)
Manfat Ikan Salmon baik untuk kesehatan jantung karena kandungan gizi omega 3 yang terkandung dala ikan itu. (Image:Freepik/Racool_studio)

InspiratioMedia.com - Menjaga gizi seimbang setelah lebaran sangat penting untuk kesehatan, mengingat kondisi yang masih belum lepas dari Covid-19.

Konsultan Nutrisi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Ida Gunawan menyarankan agar masyarakat dapat menjaga keseimbangan gizi setelah Lebaran untuk kesehatan.

Momen puasa Ramadhan dan Lebaran yang identik dengan makan berminyak seperti gorengan, penuh santan seperti opor ayam dan lainnya, menjadi alasan juga pentingnya menjaga gizi seimbang.

"Supaya selalu sehat setelah lebaran atau hari selanjutnya, karena kita masih di masa pandemi, jangan lupa makan dengan gizi seimbang," ucap Ida pada Senin, 2 Mei 2022.

Ida juga meingatkan masyarakat untuk memilih makanan yang sesuai kebutuhan, utamakan yang baik dan jangan lupa untuk buah dan sayur, setidaknya 1/2 porsi dari piring, 1/4 untuk protein selebihnya karbohidrat kompleks.

Baca Juga: Ini Dia Resep Muffin Sehat Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

"Jangan terlalu banyak makan manis dan tepung-tepung," ucap Ida.

Ida menyarankan pemilihan protein yang baik yaitu ikan, ayam tanpa kulit atau telur yang tak banyak mengandung minyak. Untuk daging merah dipersilahkan asal diatur jumlahnya, misalnya seminggu dua kali.

Selain asupan makanan, gizi seimbang juga erat kaitannya dengan olahraga. Dia meminta masyarakat untuk banyak gerak, tidak merokok, hindari stres dan lainnya.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X