Perusahaan Sudah Butuh Infrastruktur IT, Ini Dia Tips Menghemat Biaya IT ala LintasArta Membangun Negeri

- Kamis, 17 Maret 2022 | 00:05 WIB
Apa Itu PHP? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Bahasa Pemrograman Server Side Scripting Bersifat Open Source
Apa Itu PHP? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Bahasa Pemrograman Server Side Scripting Bersifat Open Source

InspiratioMedia.com - Sebuah perusahaan riset yang berbasis di USA, mengatakan bahwa dari seluruh total pengeluaran yang dihabiskan oleh divisi IT di perusahaan seluruh dunia memakan sekitar 60% porsi untuk bagian infrastruktur dan operasional. Tapi fakta di lapangan budget IT tidak sebesar porsi biasanya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur IT, LintasArta untuk LintasArta Membangun Negeri memberikan tips bagaimana menghemat budget untuk membangun infrastruktur IT. Gimana caranya ?

Pertama, Selalu Memperbarui Server

Server berusia tua rentan mengalami masalah dan ketika hal tersebut terjadi, Anda tentu harus mengeluarkan biaya untuk mengatasinya. Seiring berjalannya waktu, performa server juga pasti tidak akan bertambah cepat. Jika server Anda memang sudah berusia cukup lama, sebaiknya segera ganti dengan model server lebih baru yang dapat mendukung lebih banyak workload. Pilih server yang memiliki banyak virtual machines (VM).

Kedua, Mengurangi Penggunaan Listrik dan Sistem Pendingin

Data center yang baru berdiri biasanya memiliki area sangat besar yang dilengkapi dengan uninterruptible power supply (UPS) dan pendingin udara. Memang terdengar canggih, tapi sayangnya banyak dari area data center ini yang justru kosong. Akhirnya, hal tersebut jadi sia-sia dan membuat Anda menghabiskan banyak uang.

Kabar baiknya, kini sudah ada data center yang dibangun dengan menerapkan konsep efisiensi energi. Data center ini membutuhkan area dan sistem pendingin yang lebih sedikit sehingga mampu membantu Anda mengurangi biaya infrastruktur IT perusahaan.

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Case HP Agar Tidak Jadi Sarang Penyakit

Ketiga, Gunakan Virtualisasi

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Kode Redeem FF 19 Maret 2022 Terbaru!

Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:48 WIB

Terpopuler

X