Mengenal Cloud Computing, Ini Dia 3 Layanan Yang Ada di Dunia

- Kamis, 17 Maret 2022 | 06:30 WIB
Amazon, Microsoft dan Google Kompak Memberhentikan layanan Penyimpanan Awan atau Cloud di Rusia. (Tangkap layar Youtube/Amazone Web Services)
Amazon, Microsoft dan Google Kompak Memberhentikan layanan Penyimpanan Awan atau Cloud di Rusia. (Tangkap layar Youtube/Amazone Web Services)

InspiratioMedia.com - Dalam Bahasa Indonesia, Cloud Computing dapat diartikan sebagai komputasi awan, yakni paduan teknologi yang memanfaatkan komputer (komputasi atau computing) dan pengembangan berbasis internet (dalam hal ini disebut “awan” atau cloud). Jadi, Cloud merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk teknologi yang dapat diakses melalui jaringan internet.

Dilansir dari LintasArta, Ada tiga jenis/tingkatan pada layanan berbasis Cloud untuk LintasArta Membangun Negeri, yaitu SaaS (Software as a Service), IaaS (Infrastructure as a Service) dan PaaS (Platform as a Service). Seperti apa perbedaan antara ketiganya? Mari simak penjelasan berikut.

SaaS atau Software as a Service

Sesuai dengan namanya, layanan ini disediakan dalam bentuk software atau perangkat lunak. Contohnya adalah Google Docs dan Spreadsheet serta Adobe Creative Cloud. Pada praktiknya, Anda hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut tanpa perlu mengerti dimana (secara fisik) data disimpan atau bagaimana aplikasi dikelola.

Hal-hal tersebut sudah termasuk dalam layanan yang diberikan oleh penyedia Software as a Service. Melalui SaaS, Anda dapat mengakses software (aplikasi) dengan mudah tanpa perlu menediakan storage perangkat Anda khusus untuk menyimpan aplikasi tersebut. Penyedia layanan juga akan menjamin ketersediaan dan reliabilitas aplikasi miliknya. Dengan begitu, Anda bisa fokus dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Dapat Set Top Box Untuk TV Digital ? Berikut Caranya Bagi Warga Jawa Barat

PaaS atau Platform as a Service

Layanan ini hadir dalam bentuk platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Jika dianalogikan, PaaS memungkinkan Anda untuk menyewa “rumah” dan berbagai “lingkungan”-nya (network, database engine, sistem operasi, framework aplikasi, dan sebagainya) untuk membantu berjalannya aplikasi yang Anda buat.

Sebagai penyewa, Anda tak perlu memikirkan pemeliharaan rumah tersebut karena penyedia layanan Platform as a Service yang akan melakukannya, sehingga Anda dapat fokus mengembangkan aplikasi yang Anda buat di “rumah” tersebut. Contoh penyedia PaaS ini adalah IBM Bluemix.

Halaman:

Editor: Lisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Kode Redeem FF 19 Maret 2022 Terbaru!

Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:48 WIB

Terpopuler

X